Orientasi pasar merupakan sesuatu yang penting bagi
perusahaan sejalan dengan meningkatnya persaingan global dan perubahan dalam
kebutuhan pelanggan dimana perusahaan menyadari bahwa mereka harus selalu dekat
dengan pasarnya. Orientasi pasar merupakan budaya bisnis dimana organisasi
mempunyai komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi
pelanggan. 
Perusahaan
yang menggunakan orientasi pasar
·        
UNILEVER
·        
JASINDO
·        
INDOFOOD
CRM(customer
relationship management)
CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk
berkonsentrasi menjaga pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan
mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, email,
masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing.
Perusahaan perlu menerapkan CRM agar konsumen tetap memilih untuk membeli atau
menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Melalui pengunaan CRM maka perusahaan bisa
mendapatkan manfaat untuk penjualan, pemasaran, pelayanan dan juga aktivitas
perusahaan lainnya. CRM juga dapat membantu perusahaan untuk berbagi data,
memperbaiki hubungan dan dukungan pelanggan, mengurangi biaya dan meningkatkan
pendapatan. Aspek terpenting dari CRM adalah untuk mendapatkan bisnis
yang berulang dari pelanggan lama dan akan mungkin terjadi jika pelanggan lama
merasa senang. Pengguna CRM dapat memeriksa riwayat pesanan pelanggan untuk
menilai pola pembelian dan mengidentifikasi peluang penjualan baru.
Keuntungan penerapan CRM
·        
 Menjaga kesetiaan pelanggan yang telah ada dan
tetap menarik pelanggan baru
·        
 Respon cepat ke pelanggan
·        
 Melihat lalu mendapatkan peluang
·        
 Menawarkan produk lain yang sekiranya
dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembelian yang dilakukan (cross selling)
·        
 Penawaran status yang lebih tinggi ke pelanggan
melalui upgrading, misal silver card versus gold card.
·        
 Otomasi proses untuk peningkatan efisiensi
·        
 Mencegah penipuan dengan identifikasi
kebiasaan para pelanggan
·        
 Penyimpanan data pelanggan dalam satu sistem
tertentu untuk mengurangi resiko operasional.
Manajemen
Ilmu manajemen
semakin penting karena disetiap perkembangan jaman kebutuhan akan manajemen
semakin banyak. Dengan banyaknya teknologi yang berkembang,produk dagang, dan
sdm yang semakin tinggi maka ilmu manajemen sangat penting. Untuk memaksimalkan
pemanfaatan teknologi, penjualan dan sdm semua itu tak lepas dari ilmu
manajemen. Manajemen diperlukan oleh semua orang agar hidup lebih teratur dan
bermanfaat. Kita menggunakan ilmu manajemen di setiap aspek kehidupan baik
untuk diri sendiri atau orang lain. Perusahaan menggunakan manajemen  sebagai cara untuk memasarkan produk,
pemanfaatan tenaga kerja dengan maksimal dan mencapai keuntungan. Ilmu manajemen
semakin penting karena semua aspek kehidupan membutuhkan ilmu manajemen agar
berjalan dengan maksimal.
referensi;
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar