Minggu, 19 November 2017

ORIENTASI PASAR

Orientasi pasar merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan sejalan dengan meningkatnya persaingan global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dimana perusahaan menyadari bahwa mereka harus selalu dekat dengan pasarnya. Orientasi pasar merupakan budaya bisnis dimana organisasi mempunyai komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi pelanggan. 
Perusahaan yang menggunakan orientasi pasar
·         UNILEVER
·         JASINDO
·         INDOFOOD


CRM(customer relationship management)
CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing. Perusahaan perlu menerapkan CRM agar konsumen tetap memilih untuk membeli atau menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Melalui pengunaan CRM maka perusahaan bisa mendapatkan manfaat untuk penjualan, pemasaran, pelayanan dan juga aktivitas perusahaan lainnya. CRM juga dapat membantu perusahaan untuk berbagi data, memperbaiki hubungan dan dukungan pelanggan, mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan. Aspek terpenting dari CRM adalah untuk mendapatkan bisnis yang berulang dari pelanggan lama dan akan mungkin terjadi jika pelanggan lama merasa senang. Pengguna CRM dapat memeriksa riwayat pesanan pelanggan untuk menilai pola pembelian dan mengidentifikasi peluang penjualan baru.
Keuntungan penerapan CRM
·          Menjaga kesetiaan pelanggan yang telah ada dan tetap menarik pelanggan baru
·          Respon cepat ke pelanggan
·          Melihat lalu mendapatkan peluang
·          Menawarkan produk lain yang sekiranya dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembelian yang dilakukan (cross selling)
·          Penawaran status yang lebih tinggi ke pelanggan melalui upgrading, misal silver card versus gold card.
·          Otomasi proses untuk peningkatan efisiensi
·          Mencegah penipuan dengan identifikasi kebiasaan para pelanggan
·          Penyimpanan data pelanggan dalam satu sistem tertentu untuk mengurangi resiko operasional.

Manajemen

Ilmu manajemen semakin penting karena disetiap perkembangan jaman kebutuhan akan manajemen semakin banyak. Dengan banyaknya teknologi yang berkembang,produk dagang, dan sdm yang semakin tinggi maka ilmu manajemen sangat penting. Untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi, penjualan dan sdm semua itu tak lepas dari ilmu manajemen. Manajemen diperlukan oleh semua orang agar hidup lebih teratur dan bermanfaat. Kita menggunakan ilmu manajemen di setiap aspek kehidupan baik untuk diri sendiri atau orang lain. Perusahaan menggunakan manajemen  sebagai cara untuk memasarkan produk, pemanfaatan tenaga kerja dengan maksimal dan mencapai keuntungan. Ilmu manajemen semakin penting karena semua aspek kehidupan membutuhkan ilmu manajemen agar berjalan dengan maksimal.


referensi;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEPUASAN KERJA

 Kepuasan kerja Menurut Robbins (2003) adalah “sikap umum terhadap pekerjaan seseorang yang menunjukkan perbedaan antara jumlah penghargaan ...